KERETA API Uap Wisata Ambarawa Per 1 April Nanti Berhenti Operasi

Bisnis.com,12 Mar 2013, 14:44 WIB
Penulis: Henrykus F. Nuwa Wedo

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang pada 1 April 2013 menghentikan pengoperasian kereta api uap wisata Ambarawa karena akan melakukan perawatan dan pemeriksaan lokomotif .

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia  Daop IV Semarang, Surono menyatakan penghentian sementara pengoperasian KA uap wisata Ambawara karena pihaknya akan melakukan pemeriksaan dan perawatan total pada lokomotif uap dan kereta.

“Kami akan melakukan pemeriksaan dan perawatan total sarana untuk meyakinkan kondisi lokomotif uap dan keretanya baik dan memenuhi syarat keselamatan,” ujarnya Selasa (12/3/2013).

Surono menilai pemeriksaan dan perawatan KA secara menyeluruh perlu dilakukan mengingat usia sarana KA wisata itu sudah sangat tua.

Lokomotif uap yang selama ini dipakai untuk menarik rangkaian KA wisata uap Ambarawa merupakan lokomotif uap seri B 25 dan B 51 buatan pabrik Maschine Fabrik Esslingen, Emil Kessler, asal Jerman pada 1902.

Dia menambahkan selama ini lokomotif uap yang sudah berusia lebih dari satu abad itu beroperasi melayani perjalanan wisata rata- rata 15 kali dalam sebulan.

KA uap wisata Ambarawan melayani perjalanan wisata dari Ambarawa menuju Bedono  dengan jarak 10 km dan Ambarawa menuju Tuntang dengan jarak 6 km.

Proses pemeriksaan dan perawatan total itu diperkirakan akan memerlukan waktu setidaknya selama satu bulan.

Dia melanjutkan dengan adanya pemeriksaan dan perawatan menyeluruh diharapkan akan menjamin kehandalan sarana KA baik lokomotif maupun keretanya sehingga keselamatan penumpang dan awak kereta api uap wisata tetap dapat terpenuhi dengan baik.

Dia mencontohkan  sebelumnya lokomotif uap untuk kereta api wisata Jaladara di Solo, Jawa Tengah juga baru saja menjalani perawatan total (overhaul).

Menurutnya kereta api uap wisata Ambarawa banyak diminati wisatawan karena  memiliki keistimewaan dan merupakan satu-satunya KA di Indonesia yang melewati rel bergigi pada jalur stasiun Jambu-Bedono sepanjang 5 km.

Dia menambahkan KA wisata itu akan dioperasikan kembali jika proses pemeriksaan dan perawatan total sarana KA telah diselesaikan.

KA wisata Ambarawa, imbuhnya, selama ini sebagai salah satu kereta api wisata pegunungan di Indonesia (Railway Mountain Tour) yang banyak  diminati wisatawan baik domestik maupun mancanegara dan dilengkapi dengan paket wisata museum lokomotif uap Ambarawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini