Multipolar Beli 24,9% Matahari di Bawah Harga Pasar

Bisnis.com,13 Mar 2013, 19:07 WIB
Penulis: Hanum Kusuma Dewi

BISNIS.COM, JAKARTA – PT Multipolar Tbk membeli 24,9% kepemilikan di peritel PT Matahari Department Store Tbk dari Asia Color Company Ltd senilai total Rp883,5 miliar atau Rp1.216 per saham, di bawah harga wajar di pasar.

Berdasarkan keterbukaan yang dipublikasi Rabu (13/3), transaksi penjualan 726,56 juta saham Matahari Departement Store kepada Multipolar dilaksanakan pada 8 Maret 2013.

"Tujuan transaksi adalah dalam rangka pelaksanaan internal reorganisasi," kata Direktur Asia Color Company Wai Hoong Fock dalam keterbukaan informasi tersebut.

Namun, harga rata-rata saham berkode LPPF itu selama 90 hari perdagangan adalah Rp3.425. Bahkan, harga transaksi pun di bawah harga terendah dalam periode itu yang menyentuh Rp2.700.

Analis First Asia Capital David N. Setyanto mengatakan harga wajar transaksi pengalihan saham biasanya dihitung dengan harga rata-rata 3 bulan terakhir atau 90 hari perdagangan.

“Ini kesepakatan bawah tangan. Multipolar mendapat keuntungan dari harga murah dengan prospek bisnis yang lebih baik. Tetapi ini lebih ke masalah business to business,” ujarnya Rabu (13/3).

Seperti yang diketahui, saham beredar (floating shares) LPPF di Bursa Efek Indonesia hanya sekitar 2% sehingga transaksi saham ini di bursa tergolong kurang likuid. Pada Rabu (13/3) saham LPPF ditutup stagnan di level Rp4.200. 

Corporate Secretary Multipolar Chrysologus Sinulingga belum memberikan komentar setelah ditanyakan konfirmasi terkait pengalihan saham tersebut. (Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini