SEKOLAH PELAYARAN: Menhub Minta Jumlah Pelajar Diperbanyak

Bisnis.com,16 Mar 2013, 15:25 WIB
Penulis: Berliana Elisabeth

BISNIS.COM, JAKARTA -- Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengimbau sekolah dan diklat pelayaran harus memperbanyak taruna-taruni agar mampu menjawab kebutuhan tenaga pelaut.

Dengan pertumbuhan industri pelayaran baik nasional maupun di dunia, menimbulkan konsekuensi semakin banyak dibutuhkannya tenaga awak kapal.

“Saya melihat sudah waktunya STIP dan diklat-diklat yang ada untuk memperbanyak taruna taruni agar mampu menjawab kebutuhan (SDM Pelaut) yang makin lama makin besar,” kata Menhub, akhir pekan.

Menurut Mangindaan, sektor tranportasi menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia saat ini dan menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Keunggulan itu nampak dari pembelian kapal oleh pemerintah dan swasta yang berimbas langsung pada kebutuhan operator kapal.

“Tidak usah jauh-jauh, tahun ini saja ada 20 kapal yang pemerintah siapkan dan mesti ada awaknya, belum lagi kapal-kapal yang dibeli dari galangan luar negeri. Untuk itu kami ingin berupaya melipatgandakan penerimaan taruna taruni baik teknik maupun nautika,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini