MASYARAKAT ADAT: Dukung Parpol Pro Pengesahan RUU PPHMA

Bisnis.com,24 Mar 2013, 12:48 WIB
Penulis: Anugerah Perkasa

BISNIS.COM, JAKARTA-Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menyatakan kelompok masyarakat adat akan memilih partai politik di Pemilu 2014 yang mendukung pengesahan RUU Pengakuan dan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat (PPHMA).

Sekretaris Jendral AMAN Abdon Nababan mengatakan pihaknya memperkirakan eskalasi konflik agraria dan pelanggaran hak asasi manusia masih akan tinggi menjelang Pemilu 2014. Organisasi itu meminta DPR RI segera mengesahkan RUU PPHMA.

"Kongres dan Rakernas AMAN menyatakan bahwa masyarakat adat akan memilih parpol yang sudah jelas mendukung pengesahan RUU PPHMA menjadi UU," katanya dalam keterangan pers yang dikutip pada Minggu, (24/3/2013).

Dia memaparkan kelompok masyarakat Adat bersepakat pihaknya tidak akan mendukung legislator maupun calon Presiden yang tak mendukung RUU tersebut. AMAN memperkirakan pada tahun ini akan lebih banyak wilayah adat yang akan dijadikan area Hak Guna Usaha (HGU) demi pembiayaan politik menjelang 2014.

Oleh karena itu, pihaknya menyerukan agar kelompok masyarakat adat dapat mempercepat pemetaan wilayah adat serta memulihkan kekuatan hukum masyarakat adat.  AMAN juga meminta musyawarah adat dapat dikembalikan sebagai lembaga pengambilan keputusan bersama tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini