BURSA EROPA: indeks Stoxx 600 & The DAX Jeblok

Bisnis.com,26 Mar 2013, 01:26 WIB
Penulis: Ismail Fahmi

BISNIS.COM, ROMA--Saham bank-bank Eropa dalam Stoxx 600 merosot 1,9%  dalam perdaganan Senin (25/2) siang  waktu Eropa,  menyusul disepakatinya  talangan utang .(bailout) untuk Siprus oleh negara-negara kawasan euro.

Indeks  The DAX juga turun 0,5%. Intesa Sanpaolo SpA dan Societe Generale SA kehilangan lebih dari 6 persen untuk memimpin kerugian.

Mata uang bersama  (euro) jatuh 0,7%  terhadap  dollar AS  pekan lalu atau terbesar sejak lima hari yang berakhir 1 Maret.. Euro bahkan jatuh 1,5%  terhadap yen, terbesar sejak pekan yang berakhir 8 Februari.
 
Meyer Burger Technology AG turun 5%  pada rencana penjualan saham baru. Vodafone Group Plc (VOD)  menambah 2% saham,   setelah sebuah laporan mengatakan operator dapat menjual sahamnya di perusahaan patungan dengan Verizon Communications Inc sebesar US$135 miliar. 

Namun di tengah jebloknya saham Saham  perusahaan tadi, saham Metso Oyj justeru melonjak 9,6% atau  tertinggi dalam delapan bulan, setelah mengetahui perusahaan ini bisa  spin off beberapa unit.
 
Di bursa Italia, obligasi negara itu  jatuh untuk pertama kalinya dalam empat hari. Keuntungan sebelumnya menetapkan harga  sebesar 5,5%  dari harga  jatuh tempo pada November 2022. Harga tersebut  naik 0,66, atau 6,60 € per 1,000-euro yang merupakan uang pertanggungan.  Pada penutupan perdaganan perusahaan itu menetapkan  efek lebih rendah. (Bloomberg/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini