RUMAH SAKIT APUNG: Pekan Depan, Berlayar di Belitung Timur

Bisnis.com,28 Mar 2013, 10:16 WIB
Penulis: Anugerah Perkasa

BISNIS.COM, JAKARTA: Rumah Sakit Apung akan berlayar dari Jakarta menuju Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung pada 2-4 April 2013 guna melayani masyarakat di sana. Rencananya, terdapat 12 dokter yang akan diterjunkan.

DoctorShare, sebuah lembaga yang memfokuskan pada bantuan kemanusiaan dan yang menginisiasi rumah sakit mengapung itu, menyatakan pihaknya akan berlayar dari Jakarta 31 Maret 2013 dan diperkirakan sampai pada 1 April 2013. Dalam keterangannya, lembaga itu akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur dalam pelayanan medis.

Rumah Sakit Apung sendiri berukuran 23,5 x 6,55 meter dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, serta ruang rawat pasien. Fasilitas lainnya adalah ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, toilet, dan ruang kemudi kapal.

"Dalam pelayanan medis di Belitung Timur, DoctorShare akan menerjunkan 12 dokter, dua perawat, dan empat relawan non-medis. Kegiatan ini juga akan dibantu oleh dua dokter dan delapan perawat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur," demikian keterangan pers yang dikutip pada Kamis, (28/3/2013).

Lembaga itu menyatakan pelayanan medis berupa pengobatan umum ditargetkan mencapai 400 warga, bedah minor 15 warga, dan bedah mayor bagi tiga hingga lima warga. Bedah minor akan dilakukan terhadap sebagian warga pada 2 April 2013. Sisa bedah minor dan pelayanan medis lainnya akan berlangsung tanggal 3 April 2013.

Pada 4 April 2013, DoctorShare berencana akan mengunjungi pasien pasca- operasi mayor dan melakukan koordinasi selanjutnya dengan tenaga kesehatan rumah sakit setempat.

"Dari Belitung Timur, Rumah Sakit Apung DoctorShare akan melanjutkan pelayanan medis ke Pulau Kalimantan dan berlanjut ke wilayah-wilayah lain di pelosok Indonesia guna membantu meringankan beban warga yang butuh layanan medis namun terkendala geografis dan finansial," demikian DoctorShare. (LN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini