CONTRA FLOW GROGOL: Mampu urai macet antara 30%-40%

Bisnis.com,01 Apr 2013, 07:44 WIB
Penulis: R Fitriana

BISNIS.COM, JAKARTA—Sistem contra flow jalan tol dalam kota Jakarta dari ruas Grogol ke Slipi yang di uji coba Senin (25/3) mampu mengurangi kemacetan antara 30%-40% sampai dengan saat ini.

Menurut Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Sambodo Purnomo, pada hari kedua penerapan program contra flow terlihat efektif, karena ada sekitar 2.500 kendaraan per jam yang memasuki jalur itu.

Untuk personil Kepolisian yang mengatur jalur tersebut, lanjutnya, disiapkan sebanyak 16 orang.

“Bagi pengendara yang memasuki jalur contra flow harus menyalakan lampu agar petugas dapat mengarahkan atau dapat mengambil lajur paling kanan jika mau masuk jalur itu,” katanya seperti dikutip dari situs tmcmetro.com, Senin (1/4).

Sementara itu, Kasat PJR AKBP Jazari menuturkan hasil uji coba ini menunjukkan sistem contra flow mengurangi antrian kendaraan sekitar 3 km.

Sebelum dilaksanakan contra flow, dia menambahkan antrian di Grogol hingga Slipi dapat mencapai KM 17 pada pukul 09.00 WIB.

“Namun, setelah dilaksanakan contra flow, antrian kendaraan terjadi di KM 14, ini ada perbaikan,” jelasnya.

Titik masuk dan keluar contra flow dari arah Grogol ke Slipi dimulai dari KM 15,200, tepatnya di depan Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan sampai KM 12,400, beberapa meter setelah Rumah Sakit Kanker Dharmais dari pukul 07.00 WIB hingga 09.30 WIB.

(faa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Others
Terkini