FENOMENA CUACA: Hujan lebat di Indonesia Masih Normal

Bisnis.com,15 Apr 2013, 07:17 WIB
Penulis: R Fitriana

BISNIS.COM, JAKARTA—Sampai dengan saat ini, fenomena cuaca buruk berupa hujan lebat di sejumlah daerah secara umum masih dikatakan normal.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan kondisi hujan lebat sekarang ini lazim terjadi pada masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau, atau sebaiknya.

Namun, menurut Kepala BMKG Sri Woro B. Harijono, faktor gangguan cuaca yang cukup dominan pada minggu pertama April 2013 adalah munculnya gelombang Rosby Equator.

“Gelombang ini berada di wilayah Indonesia Barat yang berinteraksi dengan OMJ [Osilasi Madden Julian] di Perairan Samudera Hindia sebelah Timur,” ungkapnya seperti dikutip dari situs badan nasional itu, Senin (15/4).

Akibat interaksi tersebut, dia menambahkan terjadi gangguan cuaca hingga terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan petir, terutama di wilayah Indonesia bagian Barat.

Selain di wilayah tersebut, lanjunya, wilayah Indonesia bagian Tengah, meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi bagian Selatan akan terdampak oleh gelombang Rosby Equator yang berinteraksi denan OMJ. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini