SUMITOMO MITSUI Beli 40% Saham BTPN Senilai US$1,5 Miliar

Bisnis.com,09 Mei 2013, 21:17 WIB
Penulis: Farodilah Muqoddam

BISNIS.COM, JAKARTA--Sumitomo Mitsui Financial Group Inc membeli 40% saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dengan nilai sekitar US$1,5 miliar. 

Pembelian ini merupakan yang investasi terbesar yang dilakukan perusahaan Jepang tersebut terhadap entitas perusahaan finansial asing.

Pada tahap awal, Sumitomo Mitsui Banking Corp., akan membeli 24,3% saham BTPN dengan nilai Rp6.500 per saham, dan berencana memperbesar porsi kepemilikan hingga 40%.

Sejumlah bank di Jepang tengah gencar melakukan investasi ke luar negeri. Indonesia dipilih karena mencatatkan pertumbuhan ekonomi cukup baik dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia.

“Negara-negara di Asia Tenggara menjadi pilihan bagi ekspansi industri perbankan di Jepang," ujar Toyoki Sameshima, analis BNP Paribas SA yang berbasis di Tokyo sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (9/5/2013).

Realisasi pembelian 24,3% saham tersebut akan dilakukan pada 8-10 Mei 2013, dengan nilai transaksi Rp9,2 triliun. Adapun, pembelian lanjutan sebanyak 15,7% akan dilakukan setelahnya.

Nilai keseluruhan transaksi pembelian 40% saham tersebut diperkirakan mencapai US$1,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor:
Terkini