AKSI KORPORASI: Goldman Sach Tarik Investasi di ICBC

Bisnis.com,21 Mei 2013, 09:07 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri

BISNIS.COM, JAKARTA--Goldman Sachs (GS) Group Inc. melepas kepemilikan sahamnya senilai US$1,1 miliar di Industrial & Commercial Bank of China Ltd. (ICBC), menurut sumber yang dekat dengan perusahaan itusebagaimana dikutip Bloomberg hari ini, Selasa (21/5/2013).

Bank berkantor pusat di New York tersebut melepas sahamnya di bank dengan kapitalisasi pasar terbesar dunia itu seharga HK$5,50 per unit, menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Saham ICBC naik 1,4% menjadi HK$5,64 di Hong Kong kemarin sehingga mendongkrak keuntungan pada tahun lalu hingga 22%.

Goldman Sachs dan kliennya berinvestasi di ICBC untuk pertama kalinya pada  2006 setelah mengakuisisi bank berkantor pusat di Beijing itu senilai US$2,58 miliar.

Mereka sedikitnya lima kali menarik saham di ICBC sejak dua hari lalu, menurut data yang dikompilasi Bloomberg. Goldman Sachs menjual saham senilai US$1 miliar di bank tersebut pada Januari.

Penjualan saham tersebut, sebagaimana dilaporkan IFR kemarin, dilakukan setelah ICBC bulan lalu melaporkan kenaikan keuntungan sebesar 12% selama triwulan pertama. Kenaikan keuntungan itu ironis dengan dengan ekonomi domestik yang tengah lesu.

Bank dengan tingkat keuntungan tertinggi di dunia tersebut tercatat menambah pinjaman baru sebesar US$$75 miliar pada triwulan pertama atau 25% lebih besar dari periode yang sama tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini