TUJUAN INVESTASI: UNCTAD Tempatkan RI di Posisi ke-4 Terbaik di Dunia

Bisnis.com,21 Mei 2013, 23:01 WIB
Penulis: Ismail Fahmi

BISNIS.COM, JAKARTA --United Nations Conference on Trade and Development  (UNCTAD) menempatkan Indonesia pada peringkat ke-4 dari 19 negara tujuan investasi terbaik di dunia.

"Ini menunjukkan bahwa Indonesia tetap menjadi salah satu tujuan investasi favorit dunia," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Permadi Brodjonegoro dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (21/5)

Selain UNCTAD yang merangking Indonesia di posisi ke-4,  Japan Bank International for Cooperation (JBIC) tahun lalu juga telah menaikkan Indonesia ke peringkat ke-4..

JBIC pun berpendapat bahwa investasi di Indonesia telah banyak mendatangkan keuntungan bagi Jepang.

"Dana Moneter Internasional atau IMF menganalisis Indonesia akan masuk dalam 10 besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia," jelas Bambang.

Indonesia juga dianggap sebagai tempat investasi paling menguntungkan di kawasan Asean  sekaligus Asia, baik bagi perusahaan domestik maupun perusahaan multinasional asing.

Direktur Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Harri Santoso dalam keterangan pers yang sama mengatakan ketidaktahuan dan minimnya informasi positif tentang Indonesia menjadi alasan keraguan pemodal asing untuk berinvestasi di Tanah Air.

"Indonesia yang selalu dipandang negatif, tetapi pemerintahnya giat berperang melawan terorisme, bertekad memberantas korupsi, serta giat membangun infrastruktur," kata Harri.

Hal itu akan menjadi nilai tambah yang dinilainya mampu mendatangkan respon positif investor. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini