PASOk GAS PLTGU PRIOK, Nusantara Regas Bangun Konstruksi Pipa US$8 Juta

Bisnis.com,26 Mei 2013, 16:16 WIB
Penulis: Thomas Mola

BISNIS.COM, JAKARTA--Pengelola Floating Storage Regasifikation Unit (FSRU) Jawa Barat, PT Nusantara Regas, akan memasok gas untuk pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Tanjung Priok mulai Agustus mendatang.

Nusantara Regas diperkirakan menyiapkan US$8 juta untuk membangun konstruksi pipa menuju PLTGU Tanjung Priok.

Direktur Utama Nusantara Regas Hendra Jaya mengungkapkan pihaknya tengah menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan untuk menggunakan fasilitas pipa milik PT Pertamina Hulu Energi Onshore North West Java (PHE ONWJ).

"Kami harapkan bulan depan sudah ada persetujuan, sehingga langsung bisa mengalirkan ke pembangkit," ujarnya, Minggu (26/5/2013).

PLTGU Tanjung Priok memiliki kapasitas 1.000 megawatt (MW) memperoleh pasokan gas dari PHE ONWJ sebanyak 200 million metric standard cubic feet per day (mmscfd). Namun, pasokan gas tersebut terus berkurang hingga hanya menjadi 120 mmscfd.

Hendra menjelaskan pasokan gas untuk PLTGU Tanjung Priok berasal dari suplai gas tambahan yang berasal dari LNG Tangguh, di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Rencana Nusantara Regas untuk memasok gas ke Tanjung Priok telah memperoleh sambutan positif dari pemerintah. Sebab, kegiatan ini juga berperan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini masih digunakan untuk pembangkit.

"Ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk memanfaatkan gas untuk pembangkit listrik khususnya di Jawa," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini