HARGA BAWANG TURUN: Kota Palembang Alami Deflasi 0,41%

Bisnis.com,03 Jun 2013, 16:32 WIB
Penulis: Bambang Supriyanto

BISNIS.COM, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik Sumsel mencatat Kota Palembang mengalami deflasi sebesar 0,41% pada Mei 2013 yang ditunjukkan oleh penurunan indeks harga konsumen dari April ke Mei 2013.

Kepala BPS Sumsel Baehdi Ruswana mengatakan kondisi deflasi yang terjadi di Palembang sama halnya secara nasional. BPS Pusat mengumumkan inflasi nasional sebesar -0,03% pada bulan lalu.

“Deflasi ini terutamanya masih disumbang oleh perubahan harga pada komoditas bawang merah, bawang putih dan emas perhiasan di mana harganya memang sedang turun,” katanya, Senin (2/6).

Menurut dia, berdasarkan kelompok pengeluaran terdapat 2 kelompok yang menurun indeks harga konsumen (IHK), yaitu kelompok bahan makanan sebesar -1,94% dan kelompok sandang sebesar -0,89%. Sementara 4 kelompok pengeluaran lainnya mengalamin kenaikan IHK dan 1 kelompok sementara ini tidak mengalami perubahan.

Baehdi mengatakan inflasi pada Mei 2013 ini lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi bulan yang sama pada tahun lalu sebesar 0,08%.

“Bahkan jika dibandingkan dengan inflasi Mei 2011 juga masih lebih rendah sekarang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bambang Supriyanto
Terkini