PRESIDEN SBY: Tangani Secepatnya Kebakaran Hutan Sumatra!

Bisnis.com,20 Jun 2013, 20:04 WIB
Penulis: Anggi Oktarinda

BISNIS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan jajarannya untuk secepatnya menangani kasus kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Sumatra.

Hal itu dikemukakan Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/6/2013), petang.

"Ada instruksi dari presiden tentang penanganan titik-titik api dan asap [kebakaran]. Presiden meminta itu segera diatasi dalam 1 bulan," ujar Hatta.

Menteri Lingkungan Hidup Baltazhar Kambuaya menuturkan pihaknya telah mengirimkan tim Penyidik PNS (PPNS) untuk melakukan investigasi atas peristiwa kebakaran hutan.

"Kalau terbukti, akan kami ajukan ke pengadilan [perusahaan yang bertanggungjawab atas kebakaran hutan]. Mereka bisa kena hukuman denda dan kurungan," ujar Baltazhar.

Menurut dia, pemerintah sedang membicarakan langkah-langkah untuk menurunkan hujan buatan guna meredakan kebakaran dan asap tebal yang menyebar hingga ke berbagai wilayah, termasuk negara tetangga Singapura dan Malaysia.

"Tim di lapangan sedang kerja. Lahan gambut [yang terbakar] tergolong susah itu. Lama. Apalagi dalamnya 3 meter - 4 meter. Itu harus pakai hujan buatan itu baru bisa [diatasi]," ujarnya.

Dia berharap persoalan kebakaran dan asap tebal yang menyebar tersebut dapat teratasi dalam waktu 1-2 pekan ke depan.

"Ini [persoalan asap] bukan persoalan mereka [Singapura] saja, kita juga punya kepentingan. Karena kabut itu, Riau, Batam, tutup. Jadi langkah ini bukan karena mereka, tapi  kita juga punya kepentingan, kesehatan masyarakat kita."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini