HARTEKNAS 2013: Sejumlah Pesawat Mini Buatan Lokal Dipamerkan di BPPT

Bisnis.com,24 Jun 2013, 11:10 WIB
Penulis: Rahmayulis Saleh

BISNIS.COM, JAKARTA-Kementerian Riset dan Teknologi menggelar acara peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-18 yang jatuh setiap 10 Agustus. Untuk peringatan kali ini mengusung tema Inovasi untuk Kemajuan Bangsa.

Tema itu dipilih agar penelitian dan pengembangan Iptek menjadi sebuah solusi di tengah masyarakat yang dihadapkan pada berbagai permasalahan yang muncul, seiring dengan perkembangan dunia.
Salah satu kegiatan yang diselenggarakan Kemenristek yakni Pameran dan Peluncuran Produk Teknologi Hankam dan Kedirgantaraan, bertempat di halaman Gedung BPPT Jakarta.

Dalam pameran itu,tampak sejenis pesawat mini untuk pemantau seperti tricopter, hexarotor dan flying car yang merupakan inovasi dari peneliti Institut Teknologi Bandung. Semua dipajang di taman depan lobi BPPT.

Selain di dalam gedung, juga dipamerkan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) dalam tiga varian yakni Wulung, Alap-alap dan Ariti dari BPPT serta UAV LSU 02 dan Roket R-HAN 122 dari Lapan.

PT Dirgantara menampilkan beberapa maket pesawat diantaranya N212, N235, N295, dan N219. Sedangkan Kementeri Pertahanan menampilkan beberapa model kapal angkut tank, kapal cepat rudal dan panser.

Puncak peringatan Harteknas ke-18 akan diselenggarakan pada 27 Agustus-1 September 2013 di Taman Mini Indonesia Indah, dengan berbagai rangkaian kegiatan a.l. seminar, rakornas, karnaval Iptek serta pameran Ritech Expo.(yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusran Yunus
Terkini