Semen Indonesia Tambah Pabrik di Vietnam

Bisnis.com,27 Jun 2013, 15:17 WIB
Penulis: Ismail Fahmi

BISNIS.COM, JAKARTA --Dirut PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Sutjipto mengatakan akan meningkatkan kapasitas produksi semen di Vietnam dengan memperluas dan menambah jumlah pabrik di negara itu.

"Rencana memperluas pabrik Semen Indonesia di Vitenam sudah dimatangkan. Besok (28/6) saya dan Menteri BUMN Dahlan Iskan akan bertemu dengan Presiden Vietnam," kata Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Sutjipto di sela "BUMN Innovation Expo & Award 2013", di Balai Sidang Jakarta ( Jakarta Convention Center), Kamis (27/6).

Menurut Dwi, pada pertemuan dengan Presiden Vietnam akan dibicarakan perkembangan bisnis di negara tersebut dan menjadikan negara itu sebagai hub pasar semen untuk wilayah regional Asean.

"Kita ingin tahu perkembangan pasar Vietnam secara langsung dari Presiden mereka," ujarnya.

Sebelumnya, Semen Indonesia pada awal 2013 telah masuk ke Vietnam, dengan menguasai sekitar 70 persen saham yang dimiliki Thang Long Cement Vietnam.

Untuk mengakuisisi Thang Long, Semen Indonesia melakukan investasi sekitar Rp1,5 triliun.

Saat ini kapasitas produksi pabrik semen Thang Long, Vietnam mencapai 2,3 juta ton per tahun dan diutamakan untuk memenuhi konsumsi semen dalam negeri negara tersebut.

"Saat ini kami punya dua pabrik di bagian utara dan selatan Vietnam. Kamin ingin memperluas pabrik yang di selatan karena pasar disana cukup besar dan dekat dengan Malaysia dan Brunei," tegas Dwi.

Meski demikian, Dwi tidak menyebutkan investasi yang akan disiapkan untuk rencana perluasan pabrik yang dimaksud.

Ia hanya menjelaskan bahwa pembicaraanya dengan Presiden Vietnam juga terkait dengan masalah di lapangan terutama soal lahan, bagaimana status lahan dan aspek legalnya. (Antara)

Baca juga:

o SEMEN INDONESIA Sasar Timteng via Myanmar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini