Swasta Diminta Konsolidasikan UKM Agar Tembus Ekspor

Bisnis.com,03 Jul 2013, 22:01 WIB
Penulis: Sri Mas Sari

BISNIS.COM, JAKARTA – Pemerintah mengajak kalangan swasta menjadi konsolidator produk usaha mikro, kecil dan menengah agar produk mereka dapat menembus pasar ekspor.

Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan Edy Putra Irawadi mengatakan UMKM selama ini kesulitan melakukan ekspor karena kapasitas produksi yang kecil.

Minimnya hasil produksi itu tak sebanding dengan biaya pengapalan yang cukup besar. Konsolidator diharapkan menjadi pengepul produk-produk UMKM dan memasarkannya ke luar negeri.

“Untuk itu, swasta-swasta ini diharapkan bisa menjadi konsolidator. Mereka mengumpulkan produk-produk UMKM. Tidak masalah sepatu dikumpulkan dengan mebel dalam satu kontainer, lalu diekspor,” katanya, Rabu (3/7/2013).

Edy menuturkan pihaknya juga tengah merumuskan payung hukum kemudahan perizinan untuk pengusaha pemula, misalnya penyederhanaan prosedur.

Selain itu, pengusaha pemula diupayakan bebas biaya pengajuan surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar perusahaan (TDP). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini