Inilah Tips Aman Beli iPhone Bekas

Bisnis.com,15 Jul 2013, 13:33 WIB
Penulis: Lahyanto Nadie

Bisnis.com, JAKARTA - iPhone baru harganya sangat mahal bagi sebagian orang. Agar bisa memilikinya dengan bujet pas-pasan, cara termudah tentu beli yang bekas. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk membeli.

Cara untuk membedakan antara barang asli dan palsu sebenarnya cukup mudah. Sebelum Anda membeli, pastikan sudah paham betul gadget yang Anda inginkan. Biasanya brand terkenal membeli ciri khusus pada divice mereka yang tidak bisa ditiru olh pembuat barang palsu.

Pertama, jika menggunakan komputer PC atau Mac sangat mudah untuk mengenal iPhone asli beserta modelnya. Gunakan software wajib untuk pengguna iPhone yaitu iTunes yang dapat didownload dari webnya yaitu http://www.itunes.com.

Setelah iPhone dihubungkan ke komputer maka iTunes akan mendeteksi secara lengkap, mulai dari model iPhone, besar kapasitas penyimpanan, warna, serial number. Jika palsu, tentu tidak terdeteksi sama sekali.

Kedua, iPhone asli mempunyai iTunes store dan app store di halaman depannya yang hanya ada di perangkat APple. Jika kita tap/klik di aplikasi App Store ini akan masuk ke iTune Applications Store tempat membeli, mendownload dan menginstall aplikasi/games.

Jika kita pilih salah satu aplikasi dan app store akan diminta APPLE ID/iTunes Account. Ini tidak dimiliki iPhone palsu.

Ketiga, cek IMEI dan model iPhone. Kita dapat mengetahui jenis iPhone dari IMEI. Periksa nomor IMEI di web http:/www.imei.info, maka akan ada info tentang iphone yang kita pakai. Nomor IMEI dapat kita lihat masuk ke Settings>General>About.

Keempat, khusus untuk iPhone4 dan iPhone 4S ukuran simcardnya lebih kecil dari pada uumnya yaitu menggunakan microsim card yang ukurannga lebih kecil dari microsim.

Jadi jika ada iPHone 4/4S dan iPhone 5 menggunakan ukuran simcard seperti ponsel biasa sudah dipastikan adalah palsu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Lahyanto Nadie
Terkini