Kamus Ekonomi: Apa Itu Market Intelligent?

Bisnis.com,23 Jul 2013, 03:19 WIB
Penulis: Martin Sihombing

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan kembali bahwa regulator tersebut memiliki unit market intelligent yang akan melacak investasi ilegal, meski belum spenuhnya berjalan. Pertanyaannya, apa itu market intelligent?

Pada aplikasi pemasaran masa kini memang belum banyak yang mengedepankan market intelligence sebagai bagian penting dari pemasaran. Hal ini tentu saja berkaitan dengan masih belum dirasa pentingnya oleh perusahaan baik dalam pengembangan pemasaran produk maupun dalam memproteksi rahasia perusahaan dari intaian market intelligence pesaing.

Adapun di lapangan yang terjadi adalah banyaknya kasus-kasus yang tidak bisa ditangani dengan baik karena kurang informasi dan efek buruk jangka panjang yang belum dirasakan oleh perusahaan. Misalnya produk perusahaan ternyata oleh competitor dibuat merosot kualitasnya. Produk rokok, obat, minuman energy serta lainnya berada dalam bayang-bayang perusakan oleh competitor.

Rokok yang cukup baik mutunya tiba-tiba menjadi tidak enak ketika dihisap oleh konsumen, sebab rokok sudah disuntik dengan cairan dan dijemur, kemudian didistribusikan kembali. Obat bagi perusahaan yang kurang mencari informasi di lapangan seringkali dipalsu. Sudah berapa banyak obat bebas yang dipalsu oleh pihak ketiga, misalnya minyak gosok Cap Tawon, Salep kulit merek 88 dan berbagai merek obat-obatan lain tidak lepas dari incaran pemalsuan. Nah, incaran perusakan dan pemalsuan pihak ketiga selalu pada produk-produk market leader atau fast moving.

Market intelligent atau Intelijen pemasaran (MI) adalah informasi sehari-hari yang relevan dengan pasar perusahaan, dikumpulkan dan dianalisis secara khusus untuk tujuan yang akurat dan percaya diri pengambilan keputusan dalam menentukan peluang pasar, strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan metrik. Intelijen pemasaran diperlukan ketika memasuki pasar luar negeri.

Intelijen pemasaran atau market intelligent menentukan kecerdasan yang diperlukan, mengumpulkan dengan lingkungan mencari dan memberikan kepada manajer pemasaran yang membutuhkannya. Perangkat lunak kecerdasan pemasaran dapat digunakan menggunakan on-premises atau perangkat lunak sebagai layanan (SaaS, atau berbasis cloud) model.

Sistem ini mengambil data dari sumber data yang berbeda, seperti analisis web,  intelijen bisnis, call center dan data penjualan, yang sering datang laporan terpisah, dan menempatkan mereka ke dalam lingkungan tunggal. Dalam rangka untuk mengumpulkan intelijen pemasaran, manajer pemasaran harus tetap berhubungan dengan buku-buku yang relevan, surat kabar dan publikasi perdagangan.

Mereka harus berbicara dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pelanggan, distributor dan penambahan suppliers.In itu mereka juga harus memantau media sosial dan melaksanakan diskusi online. Manajer pemasaran dapat merancang laporan yang berhubungan dan memvisualisasikan data yang berasal dari berbagai departemen dan sumber (bahkan, dalam beberapa kasus, data eksternal.)

Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat saat indikator kinerja utama  secara real time (atau secepat sumber memberikan data) dan menganalisis tren, daripada menunggu untuk analis untuk memberikan laporan berkala.

Sistem market intelligent atau intelijen pemasaran yang dirancang untuk digunakan oleh manajer pemasaran dan sering dilihat oleh karyawan di seluruh organisasi. Mereka mungkin memiliki antarmuka pengguna  yang lebih dekat menyerupai perangkat lunak konsumen dari perangkat lunak sekitar sumber data individu, yang dirancang untuk digunakan oleh para analis.

Bisnis intelijen misalnya, dapat mengumpulkan sangat akurat, tepat waktu, data yang granular, tetapi sering membutuhkan dukungan TI untuk membangun dan mengedit laporan kustom.

Baca juga:

- Kamus Ekonomi: Apa Arti Suku Bunga Deposito

-Kamus Ekonomi, Apa Itu dwelling time

-KAMUS EKONOMI: Apa makna BLSM?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini