Indeks Manufaktur Eropa Juli Naik ke 50,1

Bisnis.com,24 Jul 2013, 19:18 WIB
Penulis: Wike Dita Herlinda

LONDON - Pertumbuhan manufaktur zona Euro secara mengejutkan meningkat pada Juli dan terjadi untuk pertama kalinya dalam 2 tahun terakhir.

Peningkatan tersebut ditopang oleh Jerman, sehingga menambah pertanda bahwa perekonomian kawasan bermata uang tunggal itu mulai bangkit dari resesi berkepanjangan.

Markit Economics yang berbasis di London mengungkapkan indeks purchasing managers Eropa naik menjadi 50,1 dari 48,8 pada Juni.

Level tersebut bahkan melebihi perkiraan median dari 39 ekonom dalam survei Bloomberg yang menyebut PMI Eropa akan berada di level 49,1. Indeks di atas 50 menandakan adanya pertumbuhan.

Ekonomi zona Euro telah macet selama 3 bulan yang berakhir pada Juni, tetapi diperkirakan mengalami rebound pada kuartal ini. International Monetary Fund (IMF) memprediksi perekonomian blok tersebut akan menyusut 0,6% tahun ini.

Presiden European Central Bank Mario Draghi mengatakan pada awal bulan ini bahwa pertumbuhan ekspor zona Euro diuntungkan oleh pulihnya permintaan global secara bertahap. Kendati demikian, risiko yang menyelimuti penilaian ekonomi masih tetap ada.

ECB telah mempertahankan suku bunga acuan di rekor terendah 0,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini