Wirausaha Muda Perikanan Perlu Ditingkatkan

Bisnis.com,30 Jul 2013, 16:08 WIB
Penulis: M. Taufiqur Rahman

Bisnis.com,JAKARTA – Jiwa wirausaha muda sektor perikanan perlu ditingkatkan guna menciptakan pengusaha-pengusaha handal di sektor tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto, melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (30/7/2013), mengatakan peningkatan kualitas dan kuantitas pelaku perikanan merupakan tanggung jawab pemerintah dan dunia usaha.

“Pemerintah dan dunia usaha harus benar-benar mendorong peningkatan ini agar sektor perikanan nasional dapat berkembang dan menjadi salah satu sektor unggulan ekonomi Indonesia,” katanya.

Potensi ekonomi kelautan Indonesia sangat besar mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan, namun, Yugi menyayangkan belum optimalnya pemasfaatan di sektor ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi ekonomi dari kelautan ada di depan mata bangsa Indonesia. Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan potensi tersebut,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurutnya motivasi untuk memulai usaha harus terus ditumbuhkan, terutama untuk kalangan pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat yang memiliki minat untuk berkembang di sektor perikanan.

Kalau motivasinya sudah bagus, tinggal bagaimana para pelajar atau mahasiswa itu bisa memulai usahanya dengan cermat. Kalau untuk masalah pengetahuan dan skill terkait perikanan mungkin mereka sudah memilikinya.

"Hanya saja, hal itu tidak cukup jika jiwa bisnisnya belum ada,” ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini