Tren Pemudik Via Gambir Meningkat

Bisnis.com,05 Agt 2013, 13:38 WIB
Penulis: Hedwi Prihatmoko

Penumpang kereta api (dokumentasi)

Bisnis.com, JAKARTA - Arus penumpang kereta dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sampai dengan H-3 Lebaran masih menunjukkan tren yang meningkat.

Data Posko Humas Stasiun Gambir menunjukkan sampai dengan pukul 11.45, volume penumpang pada H-3 sudah mencapai 6.044 orang, atau meningkat 33,3% dibandingkan dengan jam yang sama pada hari sebelumnya (H-4).  

Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo memperkirakan arus penumpang kereta di Stasiun Gambir masih akan meningkat mendekati Hari Raya Lebaran (H-0), meskipun ada kegiatan mudik gratis.

"Tidak ada [pengaruhnya ke arus penumpang]. Buktinya, jumlah penumpang akan terus naik," ujarnya di Stasiun Gambir, Senin (5/8/2013).

Secara kumulatif, volume penumpang di Stasiun Gambir terus mengalami peningkatan, setidaknya sejak Jumat (2/8/2013) atau H-6 Lebaran.

Pada H-6 lebaran, total penumpang di Stasiun Gambir mencapai 12.037 penumpang. Jumlah ini terus meningkat sampai H-4 Lebaran menjadi 12.772 orang dengan rata-rata kenaikan volume penumpang sekitar 3% per hari.

Jika dibandingkan dengan kondisi tahun lalu, volume penumpang kereta di daerah operasi (daop) I Jakarta memang terus meningkat mendekati Hari Lebaran, dengan puncaknya pada H-1 Lebaran sebanyak 28.449 orang. Setelah H-1, volume penumpang kereta baru mulai menunjukkan kecenderungan yang menurun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini