L.A Lights Java Soulnation Digelar Pada 4-6 Oktober di Senayan

Bisnis.com,26 Agt 2013, 23:15 WIB
Penulis: Deliana Pradhita Sari

Bisnis.com, JAKARTA - Pesta Musik tahunan L.A LIGHTS Java Soulnation Festival (JSF) 2013 akan kembali diselenggarakan untuk ke-6 kalinya, 3 hari berturut-turut pada 4, 5 dan 6 Oktober 2013 di Istora Senayan Jakarta.

Menurut Dewi Gotha, Direktur Utama Java Festival Production, tahun ini Java Soulnation Festival mengangkat konsep urban musik. “Pada 6 tahun yang lalu, JSF hanya menampilkan genre musik RnB dan Hiphop, tetapi sejak 2 tahun terakhir, kami mulai keluar dari konsep tersebut dengan menggabungkan beberapa genre musik seperti Soul, Pop, Dance dan RnB di dalam satu festival,” katanya di sela-sela press conference L.A LIGHTS JSF 2013, Senin (26/8/2013).

Penggabungan beberapa genre musik bertujuan untuk menciptakan festival musik yang enerjik dan mengikuti tren masa kini yang lebih urban. Dewi juga menambahkan JSF mendapat dukungan penuh oleh Enjoy Jakarta, Wonderful Indonesia, Kementerian Pariwisita dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Indosat, Garuda Indonesia dan masih banyak lagi.

JSF tidak hanya akan menampilkan aksi panggung musisi dunia tetapi juga musisi Tanah Air. “Total akan ada 38 pertunjukkan selama 3 hari, 13 artis mancanegara dan 25 artis Indonesia,” ujar Eki Puradiredja, koordinator program Java Festival Production.

Eki yang menangani Artis Indonesia mengatakan akan ada beberapa artis lokal yang tampil seperti grup vokal Tangga yang mengusung konsep Satu Bendera. “Mereka juga akan memberikan kejutan kepada penonton dengan kolaborasi spektakuler dengan artis yang belum bisa kami bocorkan saat ini,” ujarnya. Selain itu, akan ada penampilan dari musisi Adhitia Sofyan, Jamie Aditya Graham, Raisa, Dira Sugandi, Agrikulture, Tulus dan Art of Three.

Bintang tamu internasional pun akan memeriahkan L.A LIGHTS JSF 2013. Mereka yang telah mengonfirmasi kehadiran adalah grup musik asal Amerika, Far East Movement yang beranggotakan 4 pemuda bernama J-Splif, Kev Nish, Prohgress dan DJ Virman. Grup yang terkenal dengan beberapa single nya seperti G-6, Turn  Up The Love dan Rocketeer akan dipastikan membius penonton lewat pertunjukan musik party mereka pada pembukaan JSF 2013 Jumat, 4 Oktober 2013.

Macy Grey, penyanyi RnB wanita asal Amerika yang sukses lewat single I try dan juga mendapat Multi Platinum lewat album On How Life Is akan mengisi Line Up Soulnation pada Minggu, 6 Oktober 2013 sekaligus menjadi special show. Penyanyi yang mendapat inspirasi dari penyanyi Jazz Billie Holiday dan penyanyi legendaris Betty Davis diharapkan mampu mengobati kehausan para penikmat musik di era awal 2000an.

Menurut Paul Dankmeyer, direktur Jakarta Festival Production mengatakan, ada satu band bergenre pop dan soul asal Inggris, Mamas Gun yang merupakan request dari fans di Indonesia yang tampil mengisi JSF 2013.

Genre pop-dance akan diwakilkan oleh duo Karmin. Duo asal Amerika itu beranggotakan Amy Renee Heidemann dan Nicholas Lois.

“Pengundangan artis mancanegara pada acara ini mengalami beberapa masalah penentuan tanggal, karena mereka memiliki schedule sendiri-sendiri, tetapi akhirnya awal Oktober mejadi waktu yang sangat tepat bagi mereka datang ke Indonesia”, kata Paul.

Festival musik di Indonesia merupakan sarana untuk membangun image positif ke dunia. “Festival musik adalah Public Relation bagi Indonesia untuk memasarkan produk musik Indonesia ke dunia dan membuktikan bahwa Indonesia cukup aman dalam mengadakan festival internasional yang mampu mendatangkan artis mancanegara,” ujar Eki Puradiredja.

Muhammad Fahrurrozi, Marketeers & Brand Management Indosat, yang merupakan sponsor acara L.A LIGHTS JSF 2013 mengatakan pihaknya akan memberi akses super wifi saat acara berlangsung agar penonton dapat meng-upload pertunjukan video pada youtube atau foto pada instagram supaya masyarakat dunia tahu bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan acara musik skala internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini