Hati-Hati Reservasi Tiket TigerAirMandala!

Bisnis.com,27 Agt 2013, 19:55 WIB
Penulis: Bambang Supriyanto

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar Februari – Maret  2013, kami melakukan pemesanan tiket Jakarta-Padang-Jakarta dalam rangka Outing tahunan Divisi Basel – Market Risk, Risk Management PermataBank Jakarta dengan kode booking F8C17D ( 14 Februari 2013, 9 orang) dan L3LF4S (14 Maret 2013, 1 orang) dengan tujuan:

-       Jakarta – Padang, 28 September 2013

-       Padang – Jakarta, 29 September 2013

Selanjutnya, sekitar awal April 2013, kami menerima pemberitahuan bahwa terjadi perubahan jadwal penerbangan, dimana kami perlu mengubah waktu penerbangan yang kami inginkan, dengan jadwal lain, yang tentunya merugikan kami.

Namun, pada pertengahan bulan April 2013,  TigerAirMandala menetapkan jadwal penerbangan baru yang lebih bersahabat, sehingga kami memutuskan untuk tetap melakukan pemesanan tiket Jkt-Pdg-Jkt, dengan jadwal sebagai berikut:

-       Jakarta – Padang, 28 September 2013, 6.40 AM

-       Padang – Jakarta, 29 September 2013, 13.10 PM.
 

Dengan kondisi tiket yang sudah ada ditangan dan sudah semakin dekatnya dengan jadwal penerbangan, kami melakukan reservasi:

    4 kamar di The Hills Bukittinggi Hotel, 4 kamar (via on-line)
    1 kamar di The Hills Bukittinggi Hotel, 1 kamar (via Agoda)
    10 paket Transportasi dan paket tour, 2D1N

Selanjutnya, pada 13 Agustus 2013,  (kurang lebih 45 hari dari jadwal penerbangan) kami menerima email mengenai pembatalan penerbangan Jakarta-Padang-Jakarta.

Dengan adanya pembatalan penerbangan tersebut – walaupun dari Pihak  TigerAirMandala melakukan refund atas biaya tiket. Namun, kami menanggung kerugian akibat biaya booking hotel dan biaya booking transportasi. Shock? Tentu! Betapa tidak, rencana outing kantor yang sudah di depan mata, terhapus oleh email pembatalan dari TigerAirMandala. TigerAirMandala menjelaskan bahwa hanya “orang atas” yang tahu alasan mengapa terjadi pembatalan penerbangan JKT-PDG-JKT mulai 10 Sept 13.

Dari kejadian TigerAirMandala yang melakukan pembatalan penerbangan, artinya kami telah memberikan pinjaman selama 6 bulan tanpa bunga! Untuk mendapat pinjaman tanpa bunga, TigerAirMandala melakukan promosi tiket murah. Konsumen tertarik dan melakukan pembelian tiket. Menjelang waktunya, batalkan saja penerbangan dengan melakukan refund. Beres kan?

Teman-teman, hati-hati untuk melakukan pembelian tiket TigerAirMandala! Airline ini (mungkin) sedang melakukan trial-error menjalankan bisnis, termasuk melakukan review terhadap rute penerbangan. Periksa dan hati-hati saat melakukan reservasi TigerAirMandala, apakah rute yang dipilih merupakan jalur gemuk atau kurus?

Siapkan mental, apabila teman-teman melakukan reservasi TigerAirMandala untuk jalur kurus, siapa tahu rute yg dipilih termasuk yg sedang dipertimbangkan untuk ditutup pada akhir tahun 2013, namun promo sudah dilakukan sejak awal tahun 2013.

Pada 15 Agustus 2013, kami sudah melayangkan email kepada Customer Service TigerAirMandala  dengan ditembuskan pada YLKI, perihal  tuntutan ganti rugi akibat pembatalan penerbangan, dan posting dalam surat pembaca detik.com serta kompas.com.

Kami  tidak menuntut ganti rugi immateril  dari TigerAirMandala yang menyebabkan kami harus melakukan reschedule dan menata ulang acara outing kantor 2013. Kami hanya menuntut TigerAirMandala untuk mengganti kerugian materil dari biaya reservasi hotel dan tour yang telah kami keluarkan untuk outing kantor 2013.

Namun, sampai saat ini kami belum mendapat respons dari TigerAirMandala, sementara kami menanggung kerugian material dan immaterial, terutama untuk melakukan perencanaan ulang untuk Outing 2013.

 

Pengirim:

Pudji Yulianti Sukri

Pangkalan Jati Residence Kav C3, Pangkalan Jati Cinere
Jakarta 16513

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bambang Supriyanto
Terkini