Tokyo Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

Bisnis.com,08 Sep 2013, 12:45 WIB
Penulis: Maftuh Ihsan

BUENOS AIRES – Ibukota Jepang Tokyo terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas pada 2020, setelah mengalahkan Istanbu,Turki dan Madrid, Spanyol, dalam perebutan posisi kehormatan itu.

Sebelumnya, Tokyo pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1964.

“Komite Olimpiade Internasional dengan hormat mengumumkan tuan rumah dari olimpiade ke-32 pada 2020 diberikan kepada Tokyo,” ungkap Jacque Rogge, International Olympic Committee President, seperti dilansir Reuters, Minggu (8/9/2013).

Adapun, Madrid tersingkir pada putaran pemungutan suara pertama yang diselenggarakan Komite Olimpiade Internasional, sementara Istanbul tersingkir dalam pemilihan putaran kedua.

Perang saudara di Suriah, tetangga Turki, menimbulkan kekhawatiran terhadap pemilihan Istanbul sebagai tuan rumah. Sementara itu, Madrid, ibukota Spanyol, sedang dihadapkan pada kesulitan keuangan.

Kendati Tokyo telah terpilih sebagai tuan rumah, pemerintah Jepang diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan keselamatan terkait bocornya reaktor nuklir Fukushima akibat tsunami beberapa waktu lalu.

Penunjukan Tokyo sebagai tuan rumah diyakini akan meningkatkan pendapatan dari pariwisata dan menciptakan sebuah peluang untuk jadi tempat terkemuka di panggung dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini