Survei: Demi Liburan, Orang Indonesia Rela Ngirit Belanja

Bisnis.com,12 Sep 2013, 10:33 WIB
Penulis: Dewi Andriani

Bisnis.com, JAKARTA - Berlibur memang merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan kepenatan akibat aktivitas sehari-hari yang menumpuk. Tidak sedikit, masyarakat yang menganggap liburan sebagai satu keharusan.

Hal tersebut dibuktikan dari hasil survei yang dirilis TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia, yang menyebutkan sekitar 95% masyarakat Indonesia rela berhemat untuk berlibur. Angka ini bahkan lebih besar dibandingkan dengan rata-rata global 88%.

"Perjalanan domestik dan intra-regional prioritas utama bagi warga Indonesia, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sekitar 66% berencana untuk berwisata di Asia pada tahun depan," tulis rilis yang diterima Bisnis, Rabu (11/9/2013).
 
Berdasarkan survei, kebanyakan responden mengaku melakukan perjalanan di dalam negeri karena biayanya dinilai tidak terlalu mahal (44%), ingin mengenali negeri sendiri (42%), dan untuk mengunjungi keluarga (38%).
 
Memang, bila dilihat dari sisi anggaran, wisatawan domestik akan mengurangi anggaran perjalanan mereka tetapi dengan jumlah perjalanan yang lebih banyak pada 2014. 

"Sebanyak 92% konsumen Indonesia berencana untuk bepergian di dalam negar tahun ini dengan biaya yang lebih rendah. Kebanyakan akan melakukan liburan singkat dengan rencana liburan singkat naik 35% dan untuk liburan panjang sampai 20%."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor:
Terkini