Kelembagaan Ekonomi RI Perlu Diperkuat

Bisnis.com,19 Sep 2013, 01:25 WIB
Penulis: Hedwi Prihatmoko

Bisnis.com, JAKARTA—Mengawali Sidang Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XVI, Ketua ISEI Darmin Nasution menilai perlunya penguatan kelembagaan ekonomi saat memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Darmin menilai penguatan kelembagaan ekonomi diperlukan untuk mendukung daya saing dan ketahanan ekonomi dalam negeri.

Dia mencontohkan kurang optimalnya kinerja kelembagaan ekonomi Indonesia dalam menunjang daya saing dan daya tahan ekonomi nasional, antara lain di bidang pembangunan infrastruktur, peningkatan produktivitas, dan minimnya konsolidasi antar bank.

“Selain melalui anggaran atau investor, kebanyakan negara membentuk lembaga keuangan sebagai lembaga penting pengembangan infrastruktur,” katanya dalam pidato sambutan Sidang Pleno XVI ISEI, Rabu (18/9/2013) malam.

Lebih lanjut, mantan Gubernur Bank Indonesia ini menerangkan peningkatan produktivitas melalui lembaga ekonomi, salah satunya bisa dicapai dengan keterjangkauan lembaga keuangan bagi masyarakat umum yang saat ini dinilai masih kurang.

Adapun, minimnya konsolidasi antar bank menunjukkan struktur lembaga ekonomi di sektor ini masih lemah.

Dia menjelaskan lemahnya hubungan dan mekanisme antar bank berisiko menggelincirkan sektor perbankan ke dalam ketidakstabilan keuangan.  (ra)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini