Chatib Basri: Jangan Terlena dengan Keputusan The Fed

Bisnis.com,19 Sep 2013, 18:42 WIB
Penulis: Sri Mas Sari

Bisnis.com, NUSA DUA - Otoritas fiskal menyatakan keputusan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve menunda pengurangan stimulus moneter jangan sampai membuat Indonesia terlena, karena dapat ditinjau ulang sewaktu-waktu.

Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan paket kebijakan untuk mereformasi struktur ekonomi di Tanah Air harus tetap dijalankan.

Meskipun hari ini pasar merespons positif keputusan The Fed, menurutnya implementasi paket kebijakan tetap penting untuk menjaga kepercayaan pasar.

"Kita tidak tahu kapan itu terjadi. Tapi, suatu hari nanti kan QE [quantitative easing] pasti akan diakhiri juga. Jadi, lebih baik kita persiapkan diri dari sekarang," katanya di sela APEC Finance Minister Meeting, Kamis (19/9/2013).

Dengan demikian, lanjutnya, Indonesia akan lebih siap ketika AS benar-benar mengurangi pembelian obligasi di negara berkembang.

Pertemuan para menteri keuangan se-Asia Pasifik yang dihelat 19-20 September, juga akan dimanfaatkan Indonesia membicarakan isu tapering off quantitative easing dengan AS, meskipun The Fed independen dari pemerintah Negeri Paman Sam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini