Pemerintah Prioritaskan 7 Produk Unggulan

Bisnis.com,03 Okt 2013, 16:32 WIB
Penulis: Dewi Andriani

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah memprioritaskan tujuh produk andalan yang akan diperkuat untuk menjaga pasar dalam negeri.

Ke tujuh produk tersebut adalah kuliner dan pangan olahan, produk fesyen dan garmen, produk-produk alas kaki, perhiasan, alat rumah tangga, furnitur, kosmetik dan jamu.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan tujuh produk tersebut memiliki potensi yang sangat besar, tinggal bagaimana agar kualitas produk dapat ditingkatkan sehingga memiliki daya saing serta diminati oleh masyarakat.

"Produk-produk ini yang akan terus didorong supaya lebih kuat ke depannya, dan menjadi produk unggulan di dalam negeri sendiri," ujarnya  di sela Pameran Produk Dalam Negeri Nasional di Parkir Timur Selatan, Rabu (3/10).

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan untuk membantu perluasan akses pasar serta promosi produk-produk dalam negeri skala UKM, pihaknya rutin melakukan pembinaan dan memfasilitasi para pelaku UKM.

Selama 5 tahun, terdapat lebih dari 8.000 UKM yang telah difasilitasi.

"Selama 2 tahun ini dari 1.580 yang kami fasilitasi, 50% diantaranya menjadi pemasok ke ritel modern. Sisanya kami bantu untuk ikut pameran sehingga produknya semakin dikenal," ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini