Turnamen Catur, Nigel Short Yakin IOCC Jadi Ajang Bergengsi

Bisnis.com,11 Okt 2013, 04:04 WIB
Penulis: Mulia Ginting Munthe


Bisnis.com, JAKARTA - Pecatur internasional dari Inggris, Grandmaster Nigel Short yang memiliki elo rating 2.684 optimistis turnamen catur Indonesia Open Chess Championship akan menjadi ajang pertarungan bergengsi ke depan.

”Turnamen ini sangat potensial menjadi salah satu turnamen kuat level dunia, karena IOCC diikuti pemain hebat serta menawarkan hadiah besar. Turnamen ini akan semakin kuat dan semakin baik,” katanya kepada wartawan jelang pertandingan babak pertama, Kamis (10/10).

Short memang baru pertama tampil di Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2013 yang merupakan ajang tahunan. Namun kekuatannya tidak diragukan bisa memberi nuansa tersendiri untuk pertandingan tersebut.

Sebab, Nigel Short, 48, bukan hanya sebagai pecatur murni saat ini. Dia juga merupakan pelatih, penulis tentang catur, dan menjadi komentator pada berbagai pertandingan internasional. Pada tahun ketiga IOCC hadir meramaikan pertarungan.

Pecatur lain yang hadir pada ajang ini di antarnya Grandmaster (GM( Aleksandr Moiseenko (2.706) dari Ukraina yang merupakan juara Eropa 2013/ Selain itu hadir penantang juara dunia putri GM Antoaneta Stefanova (2.496) dari Bulgaria.

Menurut dia, bukan hanya pecatur Eropa yang mengalami kesulitan ketika harus tampil atau bermain 2 babak dalam sehari. Semua pemain dipastikannya merasakan kesulitan sama. “Tapi saat ini banyak turnamen catur internsional dilangsungkan 2 bbak sehari.”

Pada tahun berikutnya dia mengusulkan paniti melaksanakan satu babak setiap hari. Sekain itu tidj dilangsungkan dalam 11 babak. Melainkan hanya 9 babak saja. Meski demikian dia harus mengikuti peraturaan pertandingan yang ditetpkan panitia.

Dia bahkan memuji perekembangan catur Indonesia yang semakin berkembang. Indikasi itu terjadi semakin banyaknya pectur muda. Namun dia menyayangkan potensi pemain Indonesia belum semua dieksploitasi.

“Masih banyak pemain berbakat yang belum menunjukkan potensinya. Pemain itu bisa muncul ketika dilakukan pendekatan yang berbeda. Salah satunya dengan menambah jumlah pelatih dan mengikuti turnamen,” ungkap Nigel Short.

Indonesiam Open Chess Championship 2013, dibuka Menpora Roy Suryo didampingi Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bambang Supriyanto
Terkini