Chandra Asri Tanam US$1 Miliar Bangun Pabrik Ban di Cilegon

Bisnis.com,23 Okt 2013, 20:34 WIB
Penulis: Peni Widarti

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen kimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk menginvestasikan US$1 miliar untuk membangun pabrik bahan baku ban styrene butadiene rubber (SBR) dan ban di Cilegon, Banten.

Prayogo Pangestu, CEO Chandra Asri, mengatakan investasi tersebut dilakukan dalam 2 tahap. Pada tahap pertama dengan investasi US$500 juta bekerjasama dengan PT Michelin Indonesia, dan tahap kedua US$500 juta untuk pabrik ban.

"Mulainya step pertama [konstruksi] nanti November. Step kedua nanti disiapkan dulu lah. Kapasitasnya, saya tidak ingat," katanya usai bertemu Menteri Perindusterian M.S Hidayat, di Kemenperin, Rabu (23/10/2013).

Rencananya, lanjut Prayogo, pada investasi US$500 juta pertama, Chandra Asri memegang saham 45% dan Michelin 55%.

Terkait bahan baku, kata Prayogo, semua akan disediakan oleh Chandra Asri. Salah satunya karet alam yang sudah mulai ditanam di lahan seluas 50.000 hektar di Jambi dan Kalimantan. Hasil produksi dari pabrik tersebut diperkirakan bisa dinikmati pada 2016.

Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengatakan saat ini Chandra Asri sudah memperkuat investasi hilirisasi, karena sudah kuat di hulu.

"November Michelin datang jadi mungkin konstrukstinya segera," katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor:
Terkini