Perbankan Syariah Belum Capai Market Share 5%

Bisnis.com,06 Nov 2013, 11:49 WIB
Penulis: Abdul Hamied Razak

JAKARTA – Industri perbankan syariah tertunda untuk mencapai pangsa pasar 5,0% dari seluruh industri perbankan yang merupakan batas psikologis yang telah dinantikan sejak 2008 lalu.

Achmad Buchori , Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI), mengatakan pangsa pasar industri perbankan syariah baru mencapai 4,81% pada September 2013. Pangsa pasar tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang telah mencapai 4,9%.

“Memang susah mencapai market share 5% karena industri perbankan konvensional sudah besar. Kalau konvesional tumbuh lebih cepat sedikit, maka market share syariah bisa turun lagi,” ujarnya Rabu (6/11/2013).

Bank Indonesia sebenarnya menargetkan industri perbankan syariah dapat mencapai pangsa pasar pada triwulan II/2013 lalu. Namun, pertumbuhan industri syariah semakin melambat pada triwulan III sehingga target tersebut tertunda.

Hingga akhir September 2013, pembiayaan perbankan syariah menembus Rp177,4 triliun tumbuh 31% dari setahun lalu. Kinerja tersebut melambat dibandingkan dengan triwulan II yang mencatatkan pertumbuhan 45,61%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Achmad Aris
Terkini