Indonesia Tuan Rumah Konferensi Industri Pulp dan Paper Asean

Bisnis.com,07 Nov 2013, 16:48 WIB
Penulis: Martin Sihombing
Panggah Susanto (Dirjen Industri Agro Kementrian Perindustrian/ketiga dari kanan) usai pembukaan The 31st Federation of ASEAN Pulp and Paper Industries Conference 2013/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah The 31st Federation of ASEAN Pulp and Paper Industries (FAPPI) Conference 2013 yang mulai digelar Kamis (7/11/2013). Konferensi ini diikuti oleh lebih dari 100 delegasi dari negara ASEAN dan juga Taiwan, Korea Selatan dan Jepang.

Konferensi ini, yang digelar di Indonesia untuk pertama kali dalam 30 tahun, melahirkan satu keputusan yang disepakati  bersama yaitu penguatan federasi sebagai upaya bagi negara di kawasan ini untuk menyambut diberlakukannya era perdagangan bebas untuk industri pulp dan paper pada Januari 2016 nanti.

Jelang diberlakukannya perdagangan bebas, sektor industri pulp dan kertas Indonesia berharap dapat memanfatkan momentum dengan membangun sinergi bersama industri sejenis di kawasan Asia Tenggara. Keberadaan sebuah organisasi yang efektif dapat mewakili kepentingan seluruh industri, selain untuk menjadi pemimpin pasar dunia, sekaligus mendorong industri pulp dan kertas berkelanjutan yang ramah lingkungan.

The 31st Federation of ASEAN Pulp and Paper Industries (FAPPI) Conference 2013 yang diikuti oleh Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam, selain  juga dihadiri delegasi dari Korea Selatan, Jepang dan Taiwan, juga menggelar  pameran pulp dan kertas.

Konferensi ini bertujuan untuk lebih memperkuat kerja sama regional ASEAN dalam industri pulp dan kertas secara lestari. Kerja sama ini mengupayakan terciptanya perlindungan lingkungan yang berkelanjutan, kemajuan ekonomi melalui pembangunan pedesaan dan  penciptaan lapangan kerja, inovasi produk , peningkatan kapasitas sumber daya manusia , dan kualitas hidup masyarakat  yang lebih baik sehingga tercapai manfaat kerjasama antar asosiasi yang lebih besar.

Salah satu tujuan konferensi ini adalah untuk memperkuat Federasi Pulp dan Kertas ASEAN (FAPPI) yang mampu menyuarakan kepentingan industri pulp dan kertas di Asia Tenggara. "Hal ini sangat relevan mengingat ASEAN adalah salah satu motor pertumbuhan ekonomi dunia yang di dalamnya terdapat sejumlah perusahaan pulp dan kertas besar dunia,” ujar Ketua Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Misbahul Huda dalam pembukaan 31st Federation of ASEAN Pulp and Paper Industries (FAPPI) Conference 2013 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Kamis (7/11/2013).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini