Harga CPO Bisa Tembus US$950 per Ton, Ekspor Terus Naik

Bisnis.com,19 Nov 2013, 17:41 WIB
Penulis: Bambang Supriyanto

Bisnis.com, MEDAN - Harga ekspor minyak sawit mentah (CPO) akan terus meningkat menyusul melonjaknya permintaan untuk persediaan menjelang akhir tahun ini dan memasuki awal 2014

"Harga ekspor CPO diperkiraan bisa menembus US$950 per ton, naik dari harga CPO pekan ini yang bergerak pada kisaran US$917,5 per ton," kata Ketua Umum DMSI Derom Bangun, Selasa (19/11).

Menurutnya, perkiraan kenaikan harga komoditas tersebut dipicu antaralain penurunan produksi CPO akibat anomali cuaca.Produksi CPO yang biasanya mencapai 2,5 juta  ton per bulan, diperkirakan bisa merosot hingga hanya sekitar 2,2 juta ton.

Namun, Derom menjelaskan di sisi lain harga CPO juga bisa semakin menguat jika penggunaan biodiesel di dalam negeri semakin banyak seperti yang direncanakan pemerintah.

Peningkatan penggunaan biodiesel di Indonesia sudah diberlakukan mulai September 2013.

Meningkatkan harga ekspor juga mendorong naiknya harga tandan buah segar (TBS) di pabrikan berkisar Rp1.267 per kg-Rp1.777 per kg.

Untuk mendukung agar petani tetap berminat bertanam sawit, harusnya pengusaha pabrikan memberikan harga ideal atau sesuai dengan harga ekspor.

Sekretaris Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Asmar Arsjad menyebutkan harga TBS memang sedang memasuki tren naik.

"Sudah hampir satu bulan harga TBS naik dan itu menyenangkan petani,"katanya.

Asmar menjelaskan harga jual di petani memang sering terlambat mengikuti harga jual di pasar dengan berbagai alasan seperti mutu buah yang kurang bagus.

"Makanya Apkasindo terus berupaya meningkatkan mutu TBS petani agar harga jualnya mahal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bambang Supriyanto
Terkini