697 Rumah Relokasi Jatigede Ditargetkan Rampung Akhir Tahun ini

Bisnis.com,30 Nov 2013, 17:51 WIB
Penulis: Oktaviano DB Hana
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat menargetkan pengembangan 697 rumah bantuan bagi relokasi Jatigede rampung pada akhir tahun ini.

Asisten Deputi Perencanaan Perumahan Formal Kemenpera Muhammad Dimyati mengatakan pengembangan unit perumahan tersebut telah berjalan sekitar 60%.

“Bangunan tersebut diharapkan selesai akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/11/2013).

Dalam rencana, rumah khusus tersebut  dibangun dengan tipe 36 meter persegi di atas luas lahan 100 meter persegi dan nilainya seharga Rp 45 juta per unit rumah.

Adapun, program dengan dana alokasi APBN  2013 tersebut akan mengambil lokasi di Sakurjaya dan Conggeang Kulon, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Sementara itu,  menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri 15/1975, terdapat 4.065 kepala keluarga yang harus direlokasi akibat terkena genangan Waduk Jatigede. 

Lebih lanjut, dia menuturkan pada 2014 berencana menambah pengembangan sekitar 1200 unit bantuan bagi warga yang direlokasi akibat pengembangan waduk tersebut. Kendati begitu, dia menjelaskan, rencana tersebut akan sangat bergantung pada ketersediaan lahan.

“Bisa atau tidaknya dibangun rumah pada tahun 2014 sangat tergantung pada ketersediaan lahan yang clean and clear,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat dapat menemukan solusi bagi permasalahan penyediaan lahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini