Thailand Kisruh Politik, Myanmar Merana

Bisnis.com,16 Jan 2014, 17:53 WIB
Penulis: Martin Sihombing
Turis terbang dengan balon udara di atas pagoda dan kuil-kuil kuno di Bagan, Myanmar/businessweek.com

Bisnis.com, BANGKOK - Selama tiga hari , ribuan pemrotes anti pemerintah telah memenuhi jalan-jalan Bangkok , menyumbat persimpangan dan meminta Perdana Menteri Yingluck Shinawatra untuk mundur .

Industri pariwisata negara itu diperkirakan akan memakan hit besar, dengan pengunjung dari China diproyeksikan menurun 70% pada Januari dan selama liburan penting Tahun Baru China.

Tapi itu tidak hanya sektor pariwisata Thailand yang menderita. Myanmar juga merasa dingin . "Biasanya, sepanjang tahun ini adalah musim wisata populer," kata Aye Mra Tha, seorang pejabat di negara yang dikelola Myanmar Airways International kepada grup media Suara Demokrasi Burma.

Dia mengatakan penumpang turun 40% pada penerbangan antara Bangkok dan Yangon ( banyak penerbangan internasional ke ibukota Myanmar yang disalurkan melalui Bangkok ). Bahkan sebagai wisatawan lebih sedikit tiba di Myanmar, agen-agen perjalanan yang berbasis di Yangon juga melaporkan anemia pemesanan pengunjung bisnis ke Thailand.

Kira-kira tiga tahun setelah Presiden Thein Sein memulai transformasi politik Myanmar dan agenda reformasi ekonomi, rekor pertumbuhan negara telah dicampur. Dari April 2012 sampai April 2013 , GDP Myanmar tumbuh cukup mengesankan 6,5% (pdf), sebagian besar didorong oleh peningkatan ekspor gas dan komoditas, demikian menurut statistik resmi (yang dipertanyakan beberapa pengamat).

Namun, hambatan yang signifikan untuk investasi tetap. "Doing Business " Laporan Bank Dunia untuk 2014 peringkat Myanmar di dekat bagian bawah: 182 dari 189 negara. Khususnya daerah berduri termasuk "memulai sebuah bisnis, " " menegakkan kontrak ," " melindungi investor," dan "mendapatkan kredit," demikian menurut laporan tersebut.

Namun, pariwisata di Myanmar telah menjadi titik yang relatif cerah. Jumlah kunjungan turis di Myanmar dua kali lipat pada 2013 , 2 juta. Ini masih sepotong kecil dari ekonomi, tetapi itu adalah komponen yang berkembang pesat dari sektor jasa yang baru lahir di Myanmar.

Bulan depan,  ketika 300 atau lebih profesional perhotelan bersidang di Yangon untuk dua tahunan tentang "Myanmar Hospitality & Tourism Conference , " - salah satu topik hangat adalah soal keadaan di seberang perbatasan di Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini