Pefindo Ganjar Bank Resona Perdania AA-

Bisnis.com,17 Jan 2014, 15:20 WIB
Penulis: Galih Kurniawan
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan rating AA- kepada PT Bank Resona Perdania dan medium term note (MTN) III/2010 dan MTN IV/2012 mereka yang bernilai Rp600 miliar.

Pefindo juga memberikan rating AA- atas MTN V/2013 yang bernilai Rp150 miliar. Dalam informasi yang dipublikasikan belum lama ini, Pefindo menyebutkan rating tersebut mencerminkan dukungan penuh dari pemilik saham, kapitalisasi dan efisiensi operasional yang kuat.

Menurut Pefindo perusahaan induk Bank Resona Perdania memiliki dukungan finansial cukup kuat untuk mendorong ekspansi. Hingga saat ini pemegang saham Bank Resona Perdania adalah Resona Bank Ltd (43,42%), East Asia Indonesian Holdings Ltd (30,00%), Vision Well Ltd (19,92%), Jafco Co. Ltd (5,08%) dan pemegang saham lain (1,58%).

Data Pefindo juga menyebutkan dalam 5 tahun terakhir ekuitas Resona Perdania tumbuh positif dengan compound annual growth rate (CAGR) sebesar 12,4%. Hingga semester pertama 2013 total ekuitas bank ini mencapai Rp2,2 triliun atau meningkat sekitar Rp1 triliun dari tahun fiskal 2006.

Catatat laba bersih Resona Perdania juga positif. Adapun rasio pembayaran dividen terjaga di level moderat sekitar 25% hingga 40%. Pefindo meyakini capital adequacy ratio (CAR) Resona Perdania dapat terjaga di kisaran 17% hingga 19%.

Meski begitu Pefindo menyebutkan bank ini memiliki potensi pertumbuhan bisnis terbatas. Pasalnya target utama Bank Resona Perdania adalah warga negara dan perusahaan asal Jepang. Mereka juga masih menghadapi kompetisi ketat dari bank lain di segmen korporat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini