Wow, Ubur-ubur Raksasa Misterius Terdampar di Pantai Tasmania

Bisnis.com,08 Feb 2014, 13:32 WIB
Penulis: Ringkang Gumiwang
/Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SYDNEY—Ilmuwan Australia girang bukan main setelah menemukan ubur-ubur raksasa yang belum teridentifikasi terdampar di Pantai Tasmania.

Ubur-ubur raksasa tersebut memiliki panjang sekitar 1,5 meter. Ubur-ubur tersebut berwarna putih dengan bercak merah muda di tengah. Ilmuwan meyakini ubur-ubur itu bagian dari keluarga dari spesies bulu singa mane yang dikenal dengan nama snotty.

"Ini seperti Disneyland untuk ahli biologi kelautan. Ukurannya pun seperti mobil Smart," ujar Lisa-ann Gershwin, ilmuwan dari lembaga pemerintah Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (8/2/2014).

Ubur-ubur raksasa tersebut ditemukan oleh satu keluarga pada akhir Januari. Keluarga tersebut kemudian mengirimkan foto ke organisasi penelitian di Hobart, kota paling selatan Australia. Para ilmuwan percaya ubur-ubur dibawa arus ke laut.

Selama ini, Gershwin dan ilmuwan lainnya  tengah berusaha menemukan penyebab terjadinya peningkatan jumlah populasi ubur-ubur di perairan sekitar Tasmania tahun ini.

"Ada sesuatu yang terjadi, dan menyebabkan seluruh banyak spesies berkembang biak dalam jumlah mengejutkan. Kami belum tahu mengapa. Akan tetapi, ubur-ubur yang ada, membuat orang-orang berenang dalam bubble tea," kata Gershwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nurbaiti
Terkini