Mantan KSAL: Teknologi Itu Penting Bagi Pertahanan Negara

Bisnis.com,19 Feb 2014, 18:36 WIB
Penulis: Nadya Kurnia

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana (Purn) Sumarjono mengatakan teknologi merupakan faktor yang sangat mempengaruhi perencanaan pembangunan pertahanan negara.

Menurut Sumarjono pertahanan dibangun atas empat komponen, yaitu pembuatan doktrin pertahanan, penyusunan strategi pendukung doktrin, penyusunan struktur pelaksana strategi, dan penyusunan postur pembuatan struktur.

Dengan adanya perkembangan teknologi, lanjut Sumarjono, empat komponen penting tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat. Dia menyebutkan sejarah pertahanan Amerika Serikat sebagai contoh.

"Dengan adanya teknologi satelit, sekarang mereka mengurangi penempatan pasukan udara, darat, dan laut. Karena dengan satelit, apa yang terjadi dapat langsung diketahui," jelas Sumarjono saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/02/2014)

Sumarjono yang merupakan Kepala Staff Angkatan Laut periode 2007-2008 ini menyetujui keputusan pemerintah untuk memberdayakan alat utama sistem pertahanan negara untuk menjaga kedaulatan negara.

Menurutnya wilayah teritorial Indonesia yang begitu luas memang seharusnya dijaga oleh kekuatan pertahanan yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini