Meizu Tawarkan Sistem Operasi Ubuntu pada MX3

Bisnis.com,25 Feb 2014, 16:43 WIB
Penulis: Lukas Hendra TM
Meizu MX3/engadget

Bisnis.com JAKARTA-- Bosan dengan sistem operasi Android, iOS dan Windows Phone Mobile? Mungkin Anda perlu melirik smartphone Meizu MX3 yang menggunakan sistem operasi linux untuk PC yakni Ubuntu.

Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu meluncurkan tak hanya meluncurkan smartphone, tetapi juga tablet yang diberi nama BQ Aquaris.

Sebelumnya, produk ini telah terpasang sistem operasi Android, tetapi perusahaan mengklaim akan membawa Ubuntu yang notabenya sistem operasi PC ke dalam perangkat mobile besutannya. Hanya saja ketepatan tanggal dan harga belum dibocorkan oleh pabrikan asal China itu.

Meizu MX3 pada sistem operasi Ubuntu menawarkan antarmuka yang elegan dan intuitif . Anda dapat mengisi dengan berbagai jenis jalan pintas dan akses cepat ke konten favorit Anda.

Meizu MX3 didukung oleh prosesor Samsung delapan inti dengan layar 5,1 inci. Hanya saja masih menggunakan tombol kapasitif tunggal dan kamera 8 megapiksel.

Pola kerja Ubuntu terlihat seperti sebuah sistem operasi baru yang sudah dipoles dan mudah diakses. Namun sayangnya masih terdapat kemiripan dengan Android. Hanya saja, Canonical telah menggantikan jeroan Android dengan teknologi sendiri.

Ubuntu juga dirancang untuk menghindari keterlambatan update yang dihadapi pemilik Android. Bagian penyimpanan sistem dibagi menjadi tiga partisi: satu blok kode untuk perangkat, satu blok kode untuk Ubuntu dan satu blok kode yang dapat disesuaikan oleh produsen atau operator dari siapa Anda membeli telepon Anda. Ini menunjukkan setiap ratapan individu dapat diperbarui tanpa penundaan .

Jadi misalnya jika ada upgrade atau masalah yang perlu diperbaiki pada jenis tertentu dari telepon, partisi khusus pada perangkat dapat diperbarui hanya oleh orang yang memiliki telepon itu, tanpa harus melalui operator.

Jika ada upgrade ke Ubuntu, tidak ada penundaan yang dihadapi ketika update Android yang dirilis oleh Google yang dibatasi oleh masalah jaringan. Selain itu upgrade Ubuntu dirancang untuk mampu bekerja pada device yang berbeda sehingga secara teori aplikasi akan sama-sama berjalan. Tidak seperti Android yang aplikasi kadang hanya khusus untuk device tertentu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini
'