Alasan Kenapa City Car Makin Diminati

Bisnis.com,04 Mar 2014, 19:50 WIB
Penulis: Nurudin Abdullah
Honda Brio/Autocarin.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kendaraan perkotaan akan terus berkembang pada tahun ini seiring dengan perubahan selera konsumen dalam memilihan mobil yang lebih kecil, lincah menerobos kemacetan lalu lintas yang kian parah dan efisien bahan bakar efisien.

Tipe mobil itu dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masuk kategori kendaraan city car segment meliputi antara lain Honda Brio completely knock down dan Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, dan KIA Picanto.

Adapun, angka penjualan city car secara whole sales selama Januari 2014 mencapai 19.428 unit yang berarti relatif meningkat dibandingkan dengan realisasi penjualan selama Desember 2013 sebanyak 18.691 unit.

Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo, mengatakan volume penjualan kendaraan perkotaan meningkat tajam setelah diluncurkannya mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car mulai pertengahan tahun sehingga dapat diduga menggerogoti pangsa kendaraan yang lain.

“Penjualan city car, termasuk kendaraan low multi purpose vehicle akan terus meningkat karena memang sesuai dengan kondisi perkotaan yang tingkat kemacetan lalu lintasnya semakin tinggi dan biaya operasional mobil itu lebih irit,” katanya, Selasa (4/3/2014).

Tingginya permintaan city car terlihat dari angka penjualan selama Januari 2014 mencapai 19.428 unit dengan penyumbang seperti Toyota Agya terjual sebanyak 6.522 unit, disusul Honda Brio 4.161 unit, Daihatsu Ayla 3.774 unit dan Suzuki Karimun Wagon R terjual 1.693 unit.

Realisasi penjualan sebanyak 19.428 unit itu sebagai kelanjutan tradisi positif dari penjualan smester II/2013 yang dimulai pada September sebanyak 13.958 unit, meningkat pada Oktober 16.584 unit, November 22.261 unit dan Desember 18.691 unit.  

Bandingkan dengan realisasi penjualan selama periode Januari-Agustus 2013 mencapai rata-rata 4.800 unit per bulan, dengan volume tertinggi pada April sebanyak 6.954 unit dan angka penjualan terendah pada Agustus hanya terjual 2.832 unit.

Sementara itu, Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan pasar kendaraan perkotaan semakin berkembang sejak kehadiran Daihatsu Ayla dan kendaraan sejenisnya yang langsung direspon positif oleh pasar domestic.

“Sekarang banyak orang ingin serba praktis, karena sehari-hari hanya sendirian atau berdua dengan teman ke kantor atau pergi urusan kantor, maka dia lebih memilih mobil yang lebih praktis yaitu city car, yang lebih praktis,” katanya.

Menurutnya, banyak orang menyukai kendaraan multi purpose vehicle dan bahkan tidak sedikit diantara mereka yang memiliki kendaraan keluarga tersebut untuk berbagai kebutuhan keluarga maupun kegiatan usaha terutama pada akhir pekan.

Namun, diantara mereka yang menyukai atau memiliki kendaraan MPV tersebut tetap memiliki kendaraan pribadi jenis city car yang fungsinya cukup efektif untuk mendukung aktivitas bertransportasi di wilayah perkotaan dengan segala karakteristiknya sebagai daerah urban.

Amelia menjelaskan salah satu indikasi dari meningkatnya pasar kendaraan city car terliht dari pertumbuhan penjualan Daihatsu Ayla sejak pertama diluncurkan pada September hingga akhir 2013 terjual secara whole sales sebanyak 19.141 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini