Banjir DKI Berlalu, Giliran Penyakit Berdatangan

Bisnis.com,04 Mar 2014, 13:03 WIB
Penulis: Rahmayulis Saleh
Fogging/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah musibah banjir di DKI Jakarta beberapa waktu lalu, masyarakat banyak mengeluhkan rasa sakit di tubuhnya, terutama gangguan otot, penyakit kulit, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Seperti yang dialami warga Kebon Pala, Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Masyarakat di wilayah itu banyak mengeluhkan gangguan otot, penyakit kulit dan ISPA.

Hal itu terlihat dari Program Kesehatan Masyarakat Keliling Terpadu (Prosmiling), yang dilakukan bersama lembaga kemanusiaan nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dan CIMB Niaga, di wilayah tersebut.

"Ada 250 orang yang datang memeriksakan diri. Mereka terdiri atas 160 orang pasien umum, dan 91 orang balita yang mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Sukismo, Manajer Humas PKPU di Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Menurut dia, warga sangat antusias akan kehadiran posko prosmiling itu, karena mereka memang butuh sekali pengobatan gratis.

"Hal itu pula yang membuat tim yang terdiri dari dua orang dokter, empat orang tenaga medis, dan 4 orang tenaga non medis semangat," ungkapnya. Kegiatan itu dilaksanakan Minggu, 2 Maret.

Dia menjelaskan walau masyarakat sudah kembali beraktivitas, namun kebutuhan hidup masih belum bisa dipenuhi seperti makanan balita, susu balita, dan logistik. Kampung Melayu merupakan salah satu kawasan yang menjadi langganan banjir di daerah Ibukota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini