Dahlan Beri Lampu Hijau Bank BUMN Beli Eks Bank Century

Bisnis.com,06 Mar 2014, 15:06 WIB
Penulis: Herdiyan

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan lampu hijau kepada bank pelat merah untuk membeli saham Bank Mutiara dengan mempertimbangkan valuasi harga dan risiko usaha ke depan.

Jika harga yang ditawarkan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) murah, menurutnya, Kementerian BUMN selaku pemegang saham mempersilakan mereka untuk merealisasikannya.

Kendati demikian, bank BUMN harus tetap mempertimbangkan risiko usaha ke depan.

“Kalau harga yang ditawarkan LPS murah, oke saja. Namun, bank BUMN yang mau membeli tetap harus mempertimbangkan aspek risikonya,” kata Dahlan usai menggelar rapat pimpinan Kementerian BUMN di Kantor Pusat PT Angkasa Pura II (Persero), Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Jika ada bank BUMN yang berminat, langsung saja melakukan negosiasi. Yang penting, itu dilakukan melalui kajian mendalam.

“Saya tidak punya arahan apa-apa kepada bank BUMN. Itu bisnis yang risikonya besar. Kalau harganya murah dan peluangnya bagus, ya silakan,” tegas Dahlan.

Saham Bank Mutiara akan didivestasi dengan harga berkisar Rp6,7 triliun, sesuai dengan dana penyelamatan Bank Century yang saat itu mendapat dana bailout sebesar Rp1,2 triliun.

Sebelumnya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengakui tidak berminat membeli Bank Mutiara yang tengah ditawarkan oleh LPS.

Direktur Utama BTN Maryono mengakui pihaknya belum berminat untuk membeli bank yang sebelumnya bernama Bank Century itu.

“Belum ada rencana karena sedang konsentrasi memperbaiki kinerja,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini