Merapi Embuskan Asap Solfatara, Hujan Abu Hingga Radius 7 KM

Bisnis.com,10 Mar 2014, 11:53 WIB
Penulis: News Editor
Gunung Merapi / Bisnis.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA—Gunung Merapi mengembuskan asap solfatara dengan ketinggian hingga 1.500 meter pada Senin (10/3/2014). Hal ini menyebabkan hujan abu tipis di wilayah Deles, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

"Deles berada di lereng timur Merapi yang berjarak sekitar 6 km hingga 7 km dari puncak gunung. Ketebalan abu kurang dari satu milimeter," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Subandriyo di Yogyakarta, Senin.

Embusan asap solfatara terjadi mulai pukul 06.54 WIB dan berlangsung secara terus menerus hingga pukul 07.08 WIB. Asap condong ke arah barat daya, namun abu turun di lereng timur karena pengaruh angin.

Menurut Subandriyo, embusan asap solfatara sudah kerap terjadi pascaletusan eksplosif Merapi pada 2010 karena terjadi proses pelepasan gas.

Subandriyo menambahkan, embusan asap kali ini juga dipengaruhi oleh gempa tektonik di Malang Jawa Timur yang terjadi pada Minggu (9/3/2014) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Gempa tektonik itu mengguncang perut Merapi yang berisi magma. Akibat guncangan itu terjadi pelepasan gas yang menimbulkan embusan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Setyardi Widodo
Terkini