Alibaba Akan Pilih New York Tempat IPO

Bisnis.com,13 Mar 2014, 19:14 WIB
Penulis: Rezza Aji Pratama

Bisnis.com, JAKARTA — Alibaba, e-commerce asal China, dikabarkan akan segera merealisasikan rencananya untuk melantai bursa di New York, Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari Reuters, raksasa jual beli online ini telah mencoret Hong Kong dari daftar kemungkinan initial public offering. Keinginan pendiri perusahaan untuk tetap bisa mengendalikan saham menjadi penyebabnya. Sebelumnya, Executive Vice Chairman Alibaba Joe Tsai menegaskan tidak akan mengubah struktur kepemilikan saham. Para analis memperkirakan valuasi perusahaan ini bisa lebih dari US$15 miliar.

Rencana pemindahan ini tentunya akan menjadi kerugian besar bagi bursa saham Hong Kong. Berdasarkan kesepakatan dengan pemegang saham terbesar kedua , Yahoo , Alibaba memiliki insentif untuk menyelesaikan IPO sebelum Desember 2015. Jepang SoftBank Corp adalah pemegang saham terbesar Alibaba dengan saham 36,7%.

Pada kuartal III tahun lalu, Alibaba berhasil membukukan laba bersih US$792 juta. Pada saat yang sama, perusahaan ini juga berhasil menaikkan pendapatan hingga 51% menjadi US$1,78 miliar dari kuartal III 2012. Kinerja ini dipercaya akan semakin memuluskan jalan Alibaba untuk IPO. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini