Malaysia Airlines MH370: Malaysia Secara Resmi Minta Bantuan Internasional

Bisnis.com,16 Mar 2014, 16:53 WIB
Penulis: Sepudin Zuhri
Malaysia Airlines MH370 Hilang/Reuters

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Malaysia telah meminta bantuan dan koordinasi internasional dalam pencarian Malaysia Airlines MH370 di 2 koridor dari Laut Kaspia ke Samudera Hindia.

Pejabat Malaysia memberikan penjelasan kepada utusan dari 20 negara dalam progres investigasi setelah menghentikan pencarian di Laut China Selatan terhadap pesawat penumpang jet dengan 239 penumpang dan kru yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014).

Meskipun negara-negara yang membantu pencarian itu telah melakukan koordinasi secara individual, permintaan resmi menandai fase diplomatik baru dalam operasi yang berkembang di dua belahan bumi dan dibayangi oleh meningkatnya kritik China upaya pencarian yang dipimpin Malaysia .

"Pertemuan itu bagi kita untuk tahu persis apa yang terjadi dan apa jenis bantuan yang mereka butuhkan. Hal ini lebih bagi mereka untuk memberitahu kami, 'tolong dimasukkan ke dalam semua sumber daya Anda'," ujar TS Tirumurti, komisaris tinggi India di Malaysia kepada Reuters.

Inisiatif diplomatik bisa menjadi signifikan sebagai bangsa apakah akan berbagi data militer pada nasib Boeing 777 dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh kegagalan negara-negara Asia Tenggara untuk bekerja sebagai sebuah blok pada krisis, kata seorang diplomat.

"Ada batas jelas data militer, tetapi ada kesadaran ini adalah masalah komersial," tambah diplomat itu .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini