Kementan: Produksi Tebu Aman dari Bencana

Bisnis.com,18 Mar 2014, 19:08 WIB
Penulis: Arys Aditya
Petani Tebu Rakyat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian menyatakan bahwa banjir yang menimpa beberapa daerah penghasil tebu tidak akan berpengaruh pada realisasi produksi yang dicanangkan mencapai 3,1 juta ton sampai akhir tahun ini naik dari produksi tahun lalu sebesar 2,55 juta ton.

Direktur Tanaman Semusim Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian Nurnowo Paridjo menyebutkan bahwa berbagai bencana yang baru saja menerpa Indonesia tidak berdampak signifikan bagi produksi tebu nasional.

“Awal bulan ini daerah-daerah terdampak sudah melapor, ternyata kecil dampaknya, malah mungkin di bawah 1%,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (18/3/2014).

Nurnowo menjabarkan bahwa areal tebu yang terendam tidak akan mengalami gagal panen, dikarenakan pada bulan-bulan banjir kemarin, tanaman sudah berusia sekitar 9-10 bulan sehingga tahan terhadap rendaman air.

Dia menuturkan bahwa masalah terjadi bukan di realisasi produksi namun lebih kepada menurunnya rendemen tebu. Namun, dia menyebutkan bahwa Kementan  juga belum bisa mengambil kesimpulan lebih lanjut, dan meminta masyarakat untuk menunggu sampai akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini