Akhiri Kasus Kriminal AS, Toyota Motor Bayar Penalti US$1,2 Miliar

Bisnis.com,20 Mar 2014, 03:51 WIB
Penulis:

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Motor Corp setuju untuk membayar denda US$1,2 miliar untuk mengakhiri penyelidikan kriminal AS ke tahap percepatan tidak diinginkan, yang bisa menyebabkan penarikan kembali lebih dari 10 juta kendaraan .

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Toyota akan sepenuhnya mengakui kesalahan, membayar hukuman dan tunduk kepada review 'ketat' oleh pemantau independen, kata Jaksa Agung Eric Holder .

Toyota juga akan dihukum dengan wire fraud, dengan penuntutan ditangguhkan selama 3 tahun asalkan perusahaan terus bekerja sama dengan pihak berwenang .

"Toyota sengaja menyembunyikan informasi dan menyesatkan publik. Toyota dihadapkan keadaan darurat publik - keamanan seolah-olah itu adalah masalah hubungan masyarakat yang sederhana," kata Holder pada konferensi pers Departemen Kehakiman, Rabu (19/3/2014).

Penyelesaian ini merupakan hukuman pidana terbesar yang dikenakan terhadap produsen mobil di AS.

Christopher P. Reynolds , petugas hukum kepala untuk Amerika Utara Toyota Motor , mengatakan perusahaan " mengambil tanggung jawab penuh " atas tindakannya .

" Dalam lebih dari empat tahun sejak penarikan ini , kami telah kembali ke dasar di Toyota untuk menempatkan pelanggan pertama kami , " katanya dalam sebuah pernyataan . " Kami telah membuat perubahan mendasar di seluruh operasi global kami untuk menjadi perusahaan yang lebih responsif - . Mendengarkan lebih baik untuk kebutuhan pelanggan kami dan secara proaktif mengambil tindakan untuk melayani mereka "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor:
Terkini