Kelompok Pengungsi Suriah Tiba di Inggris

Bisnis.com,26 Mar 2014, 08:09 WIB
Penulis: News Editor
Ilustrasi

Bisnis.com, LONDON – Kantor Urusan Dalam Negeri Inggris menyatakan rombongan pertama pengungsi Suriah tiba di Inggris pada Selasa (25/3/2014), sebagai bagian dari rencana pemerintah yang bertujuan mendukung beberapa ratus pengungsi yang paling rentan selama tiga tahun ke depan.

Para pengungsi tersebut akan diberi jaminan perlindungan kemanusiaan lima tahun berdasarkan rancangan Relokasi Orang Rentan (VPR) Inggris, dengan hak dan manfaat yang mengikuti status itu, termasuk akses ke dana masyarakat dan pasar tenaga kerja serta kemungkinan reuni keluarga.

"Dengan kedatangan keluarga pengungsi pertama Suriah hari ini berdasarkan rancangan VPR, Inggris telah bergabung dalam upaya internasional untuk menyediakan penyelesaian bagi pengungsi Suriah dalam bentuk permukiman kembali atau relokasi untuk menyelamatkan negara ketiga," kata pejabat Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) untuk Inggris.

Sejumlah pemerintah lokal di Inggris sudah setuju mendukung rancangan relokasi itu, dan pembahasan lebih lanjut sedang diadakan dengan pemerintah lain, kata Kantor tersebut.

Rancangan VPR yang diumumkan oleh Kantor Urusan Dalam Negeri pada Januari, bertujuan menyediakan perlindungan di negara itu untuk pengungsi Suriah yang paling rentan dan menghadapi resiko sangat besar.

Kantor Urusan Dalam Negeri menambahkan Inggris telah menerima sebanyak 3.800 pencari suaka berkebangsaan Suriah sejak awal konflik di negara Teluk tersebut. Namun, London tidak menyebutkan jumlah nyata pengungsi yang diterimanya.

Kelompok berikutnya pengungsi Suriah diperkirakan tiba di Inggris pada April, kata Kantor itu. (Antara/Xinhua-OANA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nurbaiti
Terkini