Gempa 8,2 SR Guncang Cile, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Bisnis.com,02 Apr 2014, 08:10 WIB
Penulis: Nurbaiti
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Cile, Peru, dan Ekuador setelah US Geological Survey melaporkan terjadinya gempa berkekuatan 8,0 SR di lepas pantai Cile.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 09:00 waktu setempat, memutuskan aliran listrik di beberapa bagian negara itu, menurut TVN, stasiun televisi nasional Cile.

Stasiun televisi ini melaporkan gelombang 1,8 meter juga terjadi di Pisagua di Cile utara. Pihak berwenang telah memerintahkan evakuasi di seluruh garis pantai.

Pada Februari 2010, gempa terjadi di lepas pantai selatan Cile dan menewaskan sekitar 500 orang. Kerusakan serta kerugian akibat gempa tersebut diperkirakan mencapai US$30 miliar.

Seperti diketahui, Anglo American Plc, BHP Billiton Ltd, dan Teck Resources Ltd mengoperasikan tambang tembaga di Cile utara. Namun, juru bicara ketiga perusahaan tidak tersedia untuk komentar.

Di sisi lain, juru bicara Codelco, produsen tembaga terbesar di dunia, mengatakan tambang yang terletak di wilayah Antofagasta tidak terpengaruh oleh gempa karena lokasinya lebih ke selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nurbaiti
Terkini